Siapa Satoshi Nakamoto?

Pencipta misterius Bitcoin menggunakan nama “Satoshi Nakamoto”. Satoshi Nakamoto menulis Kertas putih Bitcoin pada tahun 2008, menulis kode untuk Bitcoin 0.1 pada tahun 2009, dan mendefinisikan blok genesis Bitcoin (blok pertama di mana semua blok lainnya dibangun). Pada tahun 2010, Nakamoto mengalihkan kendali kode sumber Bitcoin dan properti online ke Gavin Andresen dan anggota komunitas Bitcoin lainnya dan menghilang dari mata publik.

Sampai hari ini, tidak ada yang dapat secara meyakinkan mengidentifikasi siapa "Satoshi Nakamoto", atau bahkan apakah nama ini mewakili satu orang atau sekelompok orang. Banyak orang telah dijebak karena menjadi Nakamoto, dan yang lain mencoba mengklaim bahwa mereka adalah jenius bayangan di belakang teknologi blockchain, tetapi masalah ini masih menjadi kontroversi.

anonymous mask code
Gambar: Pete Linforth melalui Pixabay
Identitas berspekulasi

Hal Finney, seorang programmer, kriptografer dan cypherpunk, adalah salah satu orang pertama yang dicurigai sebagai Satoshi Nakamoto. Finney menerima transaksi Bitcoin pertama dari Satoshi Nakamoto pada 12 Januari 2009. Finney telah membantah bahwa dia adalah Nakamoto. Hal Finney meninggal pada tahun 2014.

Dorian Nakamoto (nama lengkap Dorian Prentice Satoshi Nakamoto), seorang insinyur komputer Amerika keturunan Jepang, adalah tersangka Nakamoto lainnya. Dia tinggal di kota yang sama dengan Hal Finney dan seorang libertarian. Dia menyangkal bahwa dia adalah Satoshi Nakamoto yang menciptakan Bitcoin. Setelah Newsweek diklaim pada tahun 2014 bahwa Dorian Nakamoto adalah Satoshi Nakamoto, salah satu akun forum Satoshi Nakamoto memecah keheningan 5 tahun untuk mengatakan "Saya bukan Dorian Nakamoto." Akunnya nanti mengaku telah diretas.

Nick Szabo, seorang penggila mata uang dan pemrogram yang terdesentralisasi, juga dicurigai sebagai Nakamoto berdasarkan analisis gaya penulisannya. Dia telah membantah menjadi Nakamoto.

Akademisi Australia Craig Wright telah mengklaim bahwa dia adalah Nakamoto, dan telah mengklaim bahwa dia mengembangkan Bitcoin bersama dengan Hal Finney dan analis forensik komputer David Kleiman, yang meninggal pada tahun 2013. Klaim Wright belum didukung dengan bukti yang meyakinkan, meskipun dia terlambat. mendaftarkan hak cipta 2019 (bukan paten) untuk kertas putih Bitcoin dan kode versi 0.1. Banyak orang memiliki menyebut Wright sebagai tipuan.

Apa yang kita ketahui
  • Satoshi Nakamoto mengaku sebagai pria berusia 37 tahun yang tinggal di Jepang (pada tahun 2010).
  • Dia adalah seorang pembuat kode dan kriptografer yang brilian.
  • Nakamoto menulis dalam bahasa Inggris pada tingkat kemahiran asli.
  • Dia menggunakan ejaan Inggris dan bahasa sehari-hari dan menyematkan judul surat kabar Inggris di blok genesis "The Times 03/Jan/2009 Chancellor di ambang bailout kedua untuk bank".
  • Nakamoto tidak aktif online selama jam 05:00 dan 11:00 (GMT).
  • Dia mengungkapkan libertarian dan anarkis dilihat dan ditautkan ke komunitas cypherpunk.
  • Dia kritis terhadap sistem perbankan, dan dari pemerintah.
  • Satoshi Nakamoto dengan tekun menghindari identifikasi dan anonimitas yang diinginkan.

Identitas Satoshi Nakamoto mungkin tidak diketahui oleh kita semua, tetapi warisannya telah menulis ulang aturan uang dan ekonomi, sama seperti orang pertama yang memutuskan untuk menggunakan emas sebagai mata uang.


Apakah teknologi blockchain masa depan keuangan? Daftar untuk akun Huobi untuk berinvestasi dalam Bitcoin dan cryptocurrency lainnya. Pengguna baru dapat memperoleh hadiah senilai hingga $300 dengan Bonus Selamat Datang kami! Daftarkan akun hari ini>> 

id_ID