Semua yang perlu Anda ketahui tentang Peningkatan Taproot Bitcoin 

Upgrade Bitcoin Taproot adalah perubahan besar pertama pada Protokol Inti Bitcoin dalam empat tahun. Kumpulan BTC.com membuka pemungutan suara untuk persetujuan peningkatan Bitcoin Taproot pada Mei 2021; pada akhir Juni, peningkatan telah disetujui oleh banyak sekali penambang di seluruh dunia.  

Peningkatan fungsional 

Peningkatan terakhir Bitcoin adalah yang kontroversial yang disebut Segregated Witness (SegWit), pada tahun 2017. Sebelum SegWit diperkenalkan ke jaringan Bitcoin pada Agustus 2018, masalah utama yang dihadapi Bitcoin adalah skalabilitasnya yang buruk – hanya dapat menjalankan 7 transaksi per detik. Sementara SegWit dirancang untuk memodifikasi cara blockchain Bitcoin menyimpan informasi dan memungkinkannya menangani volume transaksi yang lebih tinggi, itu tidak kompatibel dengan potensi peningkatan lainnya yang diusulkan untuk meningkatkan kecepatan pemrosesan Bitcoin.

Komunitas Bitcoin retak dan sekelompok pengguna memisahkan diri dari jaringan Bitcoin, menciptakan Bitcoin Cash dalam sebuah acara yang dikenal sebagai Hard Fork. Pendukung Bitcoin Cash lebih suka mengembangkan Bitcoin Cash sebagai cryptocurrency untuk transaksi di mana-mana, sementara peningkatan SegWit sedikit lebih menyukai fungsi Bitcoin sebagai penyimpan nilai. 

Skalabilitas sekali lagi menjadi salah satu alasan utama Bitcoin untuk menyebarkan upgrade Taproot, yang lainnya adalah privasi. Pembaruan Taproot yang diusulkan dapat mengatasi masalah biaya mendesak dan memungkinkan kontrak cerdas, dua faktor utama yang membantunya mendapatkan konsensus dari pemangku kepentingan dan pakar. Tetapi sebelum implementasi terjadwal yang sebenarnya pada November 2021, pengembang Bitcoin harus menjalankan pengujian berbulan-bulan untuk membasmi bug yang dapat menyebabkan konsekuensi bencana dan mahal. 

Peningkatan teknologi 

Pembaruan Taproot akan menggantikan Algoritma Digital Kurva Elliptik jaringan Bitcoin saat ini dengan algoritma Schnorr Signature. Menjadi blockchain publik, setiap transaksi di jaringan Bitcoin dapat dilacak tetapi anonim. Namun, ketika transaksi dilakukan dengan banyak penandatangan, jaringan Bitcoin mengidentifikasi transaksi tersebut sebagai transaksi multisig.  

Algoritma Digital Kurva Elliptik menggunakan kunci pribadi yang mengontrol dompet bitcoin dan memastikan bahwa bitcoin hanya dapat dibelanjakan oleh pemilik yang sah. Meskipun transaksi akan tetap transparan di bawah Schnorr Signature, Schnorr akan membuat transaksi multi-tanda tangan tidak dapat dibedakan dari transaksi yang lebih sederhana. Ini akan mempertahankan prinsip anonimitas dalam jaringan Bitcoin. 

Kontrak Cerdas 

Lebih penting lagi, pemutakhiran Taproot membuat kontrak pintar layak di jaringan blockchain Bitcoin. Saat ini, kontrak pintar secara teknis dapat dibuat pada lapisan protokol inti Bitcoin dan Jaringan Petir, tetapi mereka terlalu mahal dan cakupannya terbatas.  

Dibandingkan dengan kontrak pintar yang dibuat di jaringan lain seperti Ethereum, kontrak yang dapat dibuat pada lapisan protokol inti Bitcoin secara signifikan lebih mahal, lebih memakan waktu, dan kurang kuat. Yang benar adalah tidak ada yang menggunakan Jaringan Bitcoin untuk kontrak pintar. Di sisi lain, banyak perusahaan memilih untuk mengembangkan kontrak pintar di jaringan Ethereum karena ETH dirancang untuk mengoperasikan kontrak pintar, yang merupakan dasar untuk aplikasi terdistribusi (Dapps), organisasi otonom terdesentralisasi (DAO) dan fungsi lain yang diperlukan untuk keuangan terdesentralisasi (DeFi ). Ini mendorong orang untuk percaya bahwa Ethereum memiliki potensi nilai masa depan yang lebih besar dibandingkan dengan Bitcoin.  

Namun, Taproot Upgrade akan membuat kontrak pintar lebih terjangkau, kuat, dan efisien dengan menggunakan lebih sedikit ruang pada rantai Bitcoin. Banyak pengembang dan pengusaha besar mengklaim bahwa kontrak pintar akan membuka jalan bagi Bitcoin untuk memasuki keuangan arus utama. Saingan terbesar Bitcoin, Ethereum, dikenal karena menawarkan kontrak pintar dengan cara inovatif yang memungkinkan aplikasi dan bisnis dibangun di atas teknologi blockchain. Setelah pengembang mulai beralih ke jaringan Bitcoin untuk kontrak pintar, jaringan Bitcoin akan mulai mengambil peran yang jauh lebih signifikan dalam keuangan terdesentralisasi, dan akan mengungguli saingan Ethereum lainnya di ruang Kontrak Cerdas. 

Singkatnya, Taproot menggabungkan kunci publik dari semua pengguna dalam transaksi kompleks dalam kunci unik baru. Ini meningkatkan privasi dan mengurangi ruang blok yang diperlukan untuk transaksi. Taproot juga membuat proyek DeFi yang sebelumnya tidak mungkin menjadi layak di jaringan Bitcoin. Taproot juga memberikan dorongan untuk Protokol Layer-2 seperti Lightning Network dengan meningkatkan kemampuan pada lapisan dasar Bitcoin. 

Secara keseluruhan, Taproot adalah peningkatan yang diantisipasi secara luas dan pertanda positif bagi pengembang blockchain dan investor cryptocurrency. Jika Bitcoin mengalami transisi ke Taproot dengan lancar tanpa acara seperti fork 2013 (disebabkan oleh besar dalam kode upgrade), Taproot akan memiliki dampak besar pada seluruh industri, dan membuka jalan bagi perkembangan masa depan dalam teknologi blockchain. 


Apakah Anda melihat masa depan yang cerah untuk Bitcoin dengan upgrade Taproot? Daftar untuk akun Huobi dan nikmati pengalaman trading yang cepat dan aman! Jika Anda baru mengenal kripto, Anda bisa mendapatkan Bonus Selamat Datang hingga $300 dengan mempelajari cara menggunakan akun pertukaran Anda. Selain itu, Huobi Learn dapat mengajari Anda apa yang perlu Anda ketahui tentang teknologi blockchain dan industri kripto. 

id_ID